Penyakit Alergi

Pengobatan Alergi Kulit,- Jangan pernah menyepelakan penyakit lingkup alergi dan imunologi. Seluruh tubuh merasa nyeri atau sesak napas. jangan pula merasa tidak terjadi apa-apa jika tiba-tiba hidung gatal, tersumbat, kulit melepuh serta akhirnya menimbulkan kematian. Itu semua, merupakan bagian kecil dari gejala penyakit-penyakit alergi dan imunologi.
Alergi merupakan suatu reaksi daya tahan tubuh yang berlebihan sehingga menimbulkan gejala alergi.
Jenis penyakit alergi dan imunologi sangat beragam. Asma merupakan kasus yang relatif paling sering, diikuti rinitis alergi dan urtikaria kronis. Jenis alergi lain yang tak kalah pentingnya adalah reaksi alergi obat. Sementara dalam bidang imunologi terdapat penyakit autoimun, khususnya Lupus Eritematosis Sistemik (LES). Sementara dari penyakit imunodefisiensi, salah satunya yang terkenal adalah penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome  (AIDS). Dalam artikel ini juga akan dikemukakan beberapa penjelasan mengenai penyebab dan gejala alergi serta pengobatan alami yang mampu mengatasi alergi.

Alergi kulit

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh dimana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunolgi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang  oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. Alergi disebabkan oleh produksi antibodi berjenis IgE.
Reaksi alergi tidak akan terjadi saat anda pertama kali kontak dengan zat alergen. Tapi ketika anda kontak berikutnya maka akan terjadi reaksi alergi. Hal ini disebabkan reaksi yang disebut sensitasi.
Setiap orang mungkin memiliki reaksi alergi, reaksi alergi dapat berkisar mulai ringan sampai dengan berat bahkan mengancam jiwa. Umumnya reaksi alergi adalah ringan dan penyembuhannya sangat mudah, tapi ketika reaksi di tandai dengan mimisaan, mengi, batuk ini disebut anafilaksis atau reaksi yang sangat parah.
Gejala alergi biasanya ditunjukkan dengan kulit berwarna kemerahan, bengkak, lecet, dan muncul rasa gatal di area kulit.

penyebab Alergi

Penyebab terjadinya alergi umumnya disebabkan partikel-partikel yang menimbulkan alergi masuk ke dalam tubuh dan kemudian menimbulkan reaksi. Partikel-partikel penyebab alergi ini dalam dunia kesehatan sering disebut Allergen. Allergen penyebab alergi ini biasanya berasal dari berbagai sumber yang ada dilingkungan, seperti: serbuk-serbuk sari tanaman, bulu-bulu hewan, racun dari serangga, ataupun bahan-bahan makanan seperti susu, telur, kacang-kacangan, dll. Dapat pula faktor allergen itu dari bahan-bahan kimia, seperti pewangi, sabun, bedak, obat-obatan, maupun logam, seperti kelang, kalung ataupun anting-anting. Di samping itu faktor lingkungan penyebab alergi seperti: polusi udara dan terkadang rokok juga dapat menyebabkan alergi pada seseorang.

Partikel-partikel penyebab alergi dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara, seperti:
  1. Melalui saluran pernapasan: Pada saat bernapas, disamping menghirup Oksigen, dapat juga menghirup partikel-partikel lain yang ada di udara.
  2. Melalui makanan: Ketika tubuh mengonsumsi makanan atau pun obat-obatan, kemungkinan faktor allergen pun bisa masuk melalui saluran pencernaan di dalam tubuh, dan kemudian menyatu dengan aliran darah dan bisa meransang timbulnya alergi.
  3. Melalui sentuhan dengan kulit: Ketika penyebab alergi bersentuhan dengan kulit, maka kulit pada orang yang sensitif itu pun akan bereaksi. Hal ini terjadi karena saat kulit bersentuhan dengan faktor allergen, partikel-partikel itu diserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh.
  4. Melalui suntukan ke tubuh: Reaksi yang paling berat terjadi adalah ketika allergen penyebab alergi ini secara tidak sengaja disuntikkan ke tubuh dan mendapat akses langsung ke dalam aliran darah.





| pengobatan alergi kulit


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search
Kontak · Privasi · Tentang
© 2015 Pengobatan Alergi Kulit. Template oleh PosHape.
BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!